Loading...

Loading...

Setetes Tentang Kota Arang

Loading...

Kata wikipedia.com tentang kota Sawahlunto,
Kenapa dia?  Karena sebelum ditugaskan ke daerah ini, dia menjadi salah satu bahan bacaan saya, cukup menarik setelah membacanya.

Ini salah satu photo kota sawahlunto yang saya ambil didepan tempat tinggal saya sekarang, Tanjung Sari

Kota Sawahlunto adalah salah satu kota di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota yang terletak 95 km sebelah timur laut kota Padang ini, dikelilingi oleh 3 kabupaten di Sumatera Barat, yaitu kabupaten Tanah Datar, kabupaten Solok, dan kabupaten Sijunjung. Kota Sawahlunto memiliki luas 273,45 km² yang terdiri dari 4 kecamatan dengan jumlah penduduk lebih dari 54.000 jiwa. Pada masa pemerintah Hindia Belanda, kota Sawalunto dikenal sebagai kota tambang batu bara. Kota ini sempat mati, setelah penambangan batu bara dihentikan.
Saat ini kota Sawahlunto berkembang menjadi kota wisata tua yang multi etnik, sehingga menjadi salah satu kota tua terbaik di Indonesia.[2] Di kota yang didirikan pada tahun 1888 ini, banyak berdiri bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda. Sebagian telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah setempat dalam rangka mendorong pariwisata dan mencanangkan Sawahlunto menjadi "Kota Wisata Tambang yang Berbudaya" (wikipedia.com)

Pengalaman Saya

Saat pertama di Sawahlunto akhir tahun 2015 lalu, saya cukup terkejut dengan adanya kota kecil di tengah pekatnya rimba, hingga orang sering menamakannya kota Kuali karena di kelilingi bukit yang menjulang.  saya takjub dengan bangunan-bangunan kokoh yang tak biasa saya lihat enam tahun di Padang saat menimba ilmu dulu, begitupun tak saya temui di Maninjau, Kabupaten Agam tempat kelahiran saya.

Melangkah lagi, saya mulai kenal dengan pemuda - pemudi yang tak kalah ramah dari daerah yang saya kunjungi sebelumnya. begitu juga masyarakat lainnya yang tak sempat saya sebutkan semuanya. berdiam disini sungguh nyaman pada awalnya dan hingga sekarang masih terasa hal yang sama. 

Selain melihat bangunan yang tak kalah unik dan keramahan warga . Tiupan wisata disini memang sejuk, banyak sekali yang akan kita jumpai disini, seperti lokomotif uap yang dinamakan Mak Itam, sebuah lubang tambang yang dinamanak lubang mbah suro, puncak bukit yang mengelilingi kota Arang ini juga dijadikan sebagai wisata, seperti puncak cemara dan puncak polang, Taman Kandis yang penuh akan permainan dan hewan langka, ouwh, sungguh banyak wisata yang akan ditemui disini, karena memang visi dari kota tersebut menjadikan kota wisata tambang yang berbudaya, benar juga kata wikipedia itu. 

Banyak sekali sebenarnya yang akan saya ceritakan tentang kota Kuali ini, namun itu sajalah dulu.
Posting selanjutnya saya akan coba tuai satu-satu.
loading...